Sekolaheh Wong Tani

Desa Pekaja Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas, untuk Musim Tanam Oktober-Maret tahun 2011 mendapatkan SL-PTT Padi sawah yang dibiayai oleh Dinas Pertanain beserta dengan Balai Penyuluhan (Bapeluh) sebagai motor penggeraknya. SL-PTT yang bertempat di Kelompok Tani Pelita Jaya yang diketuai oleh Misno Sutiro, seorang perangkat desa sekaligus bertani di wilayah desanya.

Sebelum dilakukan Program tersebut telah diadakan Sosialisasi Pra SL-PTT oleh Kelompok Tani Pelita Jaya pada tanggal 25 September 2011. Kegiatan ini dimaksudkan agar nantinya petani pelaksana dapat mengetahui apa itu SL_PTT, tujuan beserta dengan komponen teknologi yang semaksimal efisien, tepat guna dan ramah lingkungan.

Dalam SL-PTT bantuan yang disertakan berupa pupuk, benih, biaya pertemuan, peralatan tulis beseta dengan komponen pendukung lainnya. Bantuan ini ada yang berupa barang ada yang berupa uang yang dibelanjakan sesuai dengan petunjuk SL-PTT yang didampingi oleh Penyuluh Pertanian, THL-TBPP dan Pengamat Hama. Peserta SL-PTT adalah para petani yang berjumlah 25 orang sebagai penyebar informasi yang telah didapatkanya kepada para petani lainnya yang tidak mengikuti SL-PTT.

Sekolah Lapang ini mendapatkan respon yang baik di wilayah Kecamatan Kalibagor Kabupaten, semoga dengan adanya Sekolah Lapang ini kita lebih termotivasi, petani untung masyarakat dapat menikmati hasil panen dan pemerintah dapat mencapai swasembada pangan. Ilmu pengetahuan akan selalu bertambah mengikuti perkembangan zaman, kalau kita ketinggalan, tidak mau mencoba, dan tidak melestarikan alam bagaimana nasib pertanian kita……

By Yusuf THL-TBPP Kec. Kalibagor

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator *

Previous Post Next Post
Post ADS 1
Post ADS 1